YOGA PAMUNGKAS DAN MANFAATNYA

Selasa, 23 Januari 2024



Catatan Drs. Haryadi

Pendiri dan Pelatih Sanggar Yoga Pamungkas

Yoga merupakan suatu tehnik kesehatan holistik yang lebih tua di dunia. Yoga sesungguhnya sudah ada di India sejak 3000 sebelum Masehi (SM). Yoga awal tidak terkait dengan agama apa pun, tetapi dalam perkembangannya banyak pemimpin agama yang mendalami yoga yang kemudian melakukan asimilasi yoga dengan ajaran agamanya masing-masing. Meski demikian, yoga sendiri tidak seluruhnya dikemba


ngkan atau berkembang dalam bingkai agama. Ada yoga yang tidak bercampur dengan ajaran agama apapun.


Sampai saat ini, praktisi yoga tidak hanya pemeluk agama tertentu, namun dari berbagai agama dan kepercayaan. Bahkan dalam beberapa literatur, disebutkan ada banyak tokoh-tokoh agama juga menjadi praktisi yoga.  Yoga telah memberikan manfaat kepada manusia – baik secara fisik maupun mental – sejak 5024 tahun lalu, dan hingga saat ini juga terus memberikan manfaatnya. Yoga adalah milik dunia, milik semua insan yang ingin menjalani kehidupan yang sehat secara lahir dan batin tanpa ada ikatan agama maupun kepercayaan tertentu.


Kata YOGA berasal dari bahasa Sansekerta "Yuj" yang mempunyai arti mempersatukan (union) atau menghubungkan (connect). Bagi individu yoga berarti menyatukan tubuh, pikiran dan jiwa. Agar ketiga faktor tersebut dapat bersatu maka emosi, tindakan, dan intelegensi seseorang harus seimbang. Dengan mengenal ketiga faktor tersebut seseorang akan mengenal diri sejatinya (self realization) dan akhirnya mengenal Tuhan. 


Dalam arti yang lebih umum, Yoga Pamungkas adalah  seni olah gerak anggota tubuh  dengan disertai olah pernafasan  untuk menyeimbangkan fungsi tubuh, pikiran, dan jiwa agar terjadi keselarasan hidup secara lahir dan batin.

0 komentar:

Posting Komentar

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP