Ibnu Taimiyah Meninggal di Penjara 1
Kamis, 15 Agustus 2013
Ibnu Taimiyah (1)
Menentang Ajaran Tasawwuf Ittihadiyah
Nama lengkap beliau adalah Taqiyuddin Abdul Abbas Ahmad bin
Abdul Salam bin Abdullah bin Muhammad bin Taimiyah Al-Harrani Al-Hambali, yang
lahir pada hari Isnin, 10 Rabiul Awwal 66l H. (22 Januari 1263 M) di Harran.
Berikut ini kisah hidupnya.
Ayah beliau adalah seorang alim ahli agama, seorang besar
dalam bidang agama Islam, yaitu Syihabuddin
Abu Ahmad Halim Ibnu Taimiyah. Ayah beliau ini adalah seorang Imam
Muhaqqiq yang banyak ilmunya, meninggal tahun 681H Neneknya adalah Syeikhul
Islam, Majduddin Abul Barakat Abbas Salam Ibnu Taimiyah, seorang Hafiz Hadith
yang ternama.
Karena diburu oleh bangsa Monggol, maka ayah beliau pindah
ke Damaskus dengan seluruh keluarganya. Di Damaskus itulah beliau mempelajari
agama Islam, yang ternyata sebagai anak yang cerdas. Guru beliau antara lain
adalah ulama besar yang bernama Zainuddin Abdul Daim Al-Mukaddasi, Najmuddin
Ibnu Asakir, dan seorang ulama perempuan terkenal, Zainab binti Makki, dan
sebagainya yang lebih dari seratus guru lagi banyaknya.Beliau kuat ingatan, cepat hafal, lekas faham, dan tidak
bosan membaca serta tidak pernah beristirahat di dalam menambah ilmu, juga
dalam perjuangannya.
Setelah ayah beliau meninggal dunia, beliau menggantikan ayah beliau mengajarkan ilmu fiqh dalam mazhab Hambali dan dalam ilmu tafsir. Pada tahun 691H. (1292 M) beliau pergi haji, dan di Kota Makkah beliau bertemu dengan banyak ulama besar. Cukup banyak ulama yang beliau tinggalkan namanya karena salah dalam sesuatu debat dan pendapat di dalam masalah hukum.Itulah Ibnu Taimiyah, ulama besar yang merengkuk dalam penjara Mesir. Baru saja beliau bebas dari penjara, kemudian ditangkap lagi dan dipenjarakan yang kedua kalinya selama setengah tahun lagi. Sebabnya karena beliau menulis sebuah kitab yang isinya tentang masalah ketuhanan yang tidak disetujui oleh para ulama.
Di dalam, penjara yang hanya setengah tahun itu beliau
berhasil menginsafkan banduan yang meringkok bersama beliau. Sehingga semua
yang insaf itu menjadi pendukung beliau dan menjadi pengikut yang setia.
Adapun isi kitab yang menyebabkan beliau di penjara yang
kedua itu adalah beliau menentang ajaran Tasawwuf Ittihadiyah yang menyatakan
bahwa Allah boleh hulul (bertempat) dalam tubuh makhluk. Jelasnya kepercayaan
hulul ialah kepercayaan bahwa Allah bersemayam dalam tubuh salah seorang yang
memungkinkan untuk itu, karena kemurnian jiwanya atau kesucian rohnya. Adapun
kepercayaan ittihad (Al-lttihad) ialah kepercayaan tentang Allah yang dapat
bersatu dengan manusia. Apabila telah terjadi ittihad, maka orang yang bersangkutan
tak sedar diri.
Hal ini mereka namakan makwu, atau sampai kepada tingkat
lenyapnya zat yang fana dengan Zat Allah yang baqa. Kalau sudah sampai tingkat
yang begini, maka segala yang diucapkan tidak terkena hukum syirik walaupun
pada zahirnya syirik, karena orang yang mengucapkan itu sedang dalam keadaan
sukar atau mabuk kepayang. Di antara kaum sufi dan Guru Thariqat mempercayai
melancarkan faham ini adalah Umar Ibnul Faridh dan Ibnu ‘Ath’allal.
Itulah faham sesat yang beliau tentang, tetapi beliau bahkan
di penjara selama satu setengah tahun di Syam. Baru beberapa hari keluar dari
penjara yang kedua, ia ditangkap lagi dan dipenjarakan selama delapan bulan
lamanya di Aleksandria, karena fatwa beliau pula yang tidak sesuai dengan faham
para ulama.
Keluar dari penjara Aleksandria, beliau dipanggil oleh
Sultan Nashir Qalaun untuk memberikan fatwa di muka umum. Sebabnya sampai sikap
sultan demikian ialah karena sultan senang terhadap sifat terus-terang beliau.
Beliau bersedia memberikan fatwa atau ceramah di muka umum, dan ternyata fatwa
beliau itu menggemparkan para ulama yang bermazhab Syafi’e. Namun beliau tetap
dikasihi oleh Sultan. Bahkan beliau mendapat tawaran menjadi professor pada
sebuah Sekolah Tinggi yang didirikan oleh Putera Mahkota.HUSNU MUFID
0 komentar:
Posting Komentar